Saluran Anda seperti etalase – berikan tampilan yang tepat untuk menunjukkan gaya Anda, dan berikan merek layaknya saluran profesional.
Image : blog.jejualan.com |
Gunakan pencitraan merek untuk sekilas memberi tahu pemirsa bahwa konten YouTube ini adalah milik Anda, dan bahwa mereka juga dapat menemukan hal lainnya di saluran Anda. Baca terus untuk mengetahui cara merancang pencitraan merek yang menghadirkan dampak dan mengunggulkannya di seluruh You Tube .
Buat merek yang Unik di YouTube
kehadiran merek yang kuat di salurannya yang menampilkan kiat kecantikan dan tata rias wajah. Grafika di saluran dan gambar mininya konsisten. Sampul salurannya juga memberi tahu pemirsa apa yang bisa diharapkan dari video berikutnya.
contohnya seperti Channel The Good Stuff menyisipkan tema daur ulang ke dalam pencitraan mereknya The Good Stuff memulai setiap video dengan pengantar menarik yang sama berdurasi 10 detik, yang menggambarkan kepribadian saluran dan mengomunikasikan mereknya. Sampul saluran, ikon saluran, dan cuplikan saluran dibuat terpadu, membantu penggemar untuk segera mengenali merek.
Fokuslah pada konten:
Merek Anda harus sesuai dengan jenis konten yang Anda hasilkan. Sampaikan esensi dari hal yang diharapkan pemirsa saat ini dan di masa mendatang.
Jaga agar tetap dikenal:
Pencitraan merek harus mewakili gaya saluran Anda dengan cara yang logis dan konsisten. Merek harus menyampaikan pesan utama dari saluran Anda, sehingga pemirsa tahu apa yang diharapkan. Jangan berbelit-belit. Pastikan semua video Anda, termasuk cuplikan saluran, selaras dengan pencitraan merek Anda.
Buat agar mudah ditemukan:
Pencitraan merek harus memudahkan pemirsa menemukan video dan saluran Anda. Beri tag pada video menggunakan metadata yang konsisten (teks berisi informasi seperti judul atau tema), dan poskan video atau saluran di berbagai platform media sosial. Hal ini akan membuat pemirsa lebih mudah menemukan saluran Anda ketika mereka menelusurinya.
Buat Icon Saluran (channel) Anda
Ikon saluran mewakili saluran Anda secara visual di mana saja di seluruh Google dan YouTube, jadi pastikan logo tampak bagus dalam ukuran besar maupun kecil. Ikon saluran akan muncul terhampar di sisi kiri spanduk sampul saluran dan juga di laman tontonan. Ikon ini juga bisa ditampilkan di sisi kanan laman saluran pembuat konten lain, jika Anda terpilih sebagai salah satu saluran unggulan mereka.
Buat Sampul saluran (channel) Anda
Sampul Channel adalah spanduk yang ada di seluruh bagian atas saluran Anda. Sampul ini merupakan alat yang sangat baik untuk menunjukkan ciri khas saluran Anda! Sampul saluran akan muncul di semua platform yang digunakan pemirsa untuk melihat saluran Anda (TV, ponsel, tablet, dan sebagainya). Upload gambar untuk sampul saluran dengan ukuran minimal 2560x1440 px.
Buat Deskripsi saluran (channel) Anda
Deskripsi akan ditampilkan pada tab Tentang dan memberikan gambaran singkat mengenai isi saluran Anda kepada pemirsa. Deskripsi saluran ini juga akan muncul bila pengguna mengarahkan mouse ke atas ikon saluran di laman tontonan (lihat kartu munculan di bawah ini). Anda dapat menuliskan hingga seribu karakter dan juga menambahkan tautan.
Buat Gambar mini saluran (channel) Anda
Gambar mini adalah cara yang hebat untuk mengemas serial video Anda dengan tampilan dan nuansa yang konsisten. Gambar mini juga dapat membantu pemirsa memilih video Anda dari berbagai gambar mini lainnya.
Buat Kartu saluran (channel) Anda
Kartu saluranadalah hamparan yang dapat diklik, yang bisa digunakan untuk mempromosikan video, barang dagangan, situs web terkait, dan lainnya. Pemirsa dapat melihat kartu ini pada computer desktop dan perangkat seluler.
Kartu munculan akan timbul saat Anda mengarahkan mouse ke atas ikon saluran pada laman
tontonan. Kartu munculan ini akan menampilkan nama, sampul, ikon, dan deskripsi saluran serta tombol berlangganan (atau menunjukkan bahwa pemirsa sudah berlangganan).
Buat Tanda air saluran (channel) Anda
Tanda air atau water mark adalah sematan logo yang dapat Anda aktifkan agar muncul di sudut kanan bawah video. Jika anotasi dapat disesuaikan untuk masing-masing video, maka tanda air dapat digunakan untuk mempromosikan merek pada saat tertentu di setiap video.
Dengan tanda air pencitraan merek, pemirsa yang sedang menonton melalui dekstop atau laptop dapat berlangganan saluran Anda tanpa perlu menghentikan tayangan atau meninggalkan video. Dengan tanda air ini, pemirsa nda dapat melihat sekilas bahwa video yang ditontonnya berasal dari saluran Anda. Ketika akan membuat tanda air, pertimbangkan beberapa kiat ini:
Pikirkan tentang jenis pesan visual yang ingin Anda sampaikan dengan tanda air. Apakah Anda ingin menggunakan avatar atau logo saluran, atau justru ingin menambahkan gambar yang mengajak pemirsa untuk berlangganan?
Elemen pencitraan merek ini dapat ditambahkan di sudut kiri bawah video. Anda dapat memilih video atau daftar putar tertentu, atau menyetelnya agar menampilkan upload terbaru. Penggemar dapat mengeklik video atau daftar putar unggulan untuk melihatnya. Pastikan untuk memilih konten yang paling ingin Anda promosikan di semua video pada saluran Anda.
Apakah ada video yang dianggap klasik oleh penggemar?
Apakah Anda punya daftar putar "terbaik dari" yang ingin dibagikan, atau cuplikan saluran yang dapat Anda gunakan?
Perkenalkan pemirsa ke saluran Anda dengan cuplikan saluran. Cuplikan ini bisa menjadi hal pertama yang ditonton oleh pemirsa yang belum berlangganan, saat mereka datang ke saluran Anda. Oleh sebab itu, gunakan cuplikan tersebut untuk membuat kesan yang luar biasa, dan mendorong pemirsa untuk berlangganan dan menonton lebih banyak video.
Sumber : https://goo.gl/PRnWKo
Banner Ads